LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta visibility 28 kali
UKM FANS Unjaya Ikuti Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi
23 Nov
2021
Selasa,23 November 2021

JOGJA – Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) FANS Unjaya dan belasan relawan yang tergabung dalan Human Initiative Volunteer Energy (HIVE) Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakatya menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi pada Minggu, (14/11/2021). Kegiatan yang digelar dikawasan Telaga Baturetno, Bantul ini bertujuan untuk mensiagakan para relawan Kebencanaan untuk menghadapi potensi bencana pada akhir 2021 hingga 2022 mendatang.

Kepala Cabang Human Initiative Yogyakarta sekaligus pembina Apel, Agus Triyono menegaskan, Saat ini beberapa daerah di Indonesia sudah terlanda banjir dan tanah longsor, seperti diantaranya Banjir bandang di kota batu malang, banjir di Sintang Kalimantan Barat dll. Tidak dipungkiri di Yogyakarta sendiri juga memiliki potensi bencana yang serupa. “Walaupun begitu bencana tidak pernah kita harapkan, namun persiapan menghadapi bencana harus disiap-siagakan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan kali ini beberapa mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang tergabung dalam UKM FANS Unjaya ikut andil dalam kegiatan apel kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi ini. Pasca apel digelar, dilaksanakan juga kegiatan peningkatan skill relawan-relawan terkait Disaster Management, kegawatdaruratan di air dan Simulasi Pencarian dan evakuasi air. Menurut Saepudin salah satu anggota UKM FANS Unjaya, kegiatan ini merupakan momentum kesiapsiagaan dan ajang untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa dan relawan seputar bencana. Harapannya melalui kegiatan ini mahasiswa-mahasiswa ataupun relawan mampu memberikan kontribusi nyata dan ikut andil dimasyarakat ketika terjadi bencana. [fans/kpp]