LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 152 kali
UMY Kembali Lahirkan Dua Guru Besar Bidang Pemerintahan dan Ekonomi
13 Nov
2021
Sabtu,13 November 2021

Keseriusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menuju Research Excellent University semakin terlihat. Di antaranya adalah dengan kembali lahirnya dua Guru Besar, yakni Prof. Dr. Imamudin Yuliadi, S.E., M.Si., sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Ekonomi dan Prof. Dr. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si., sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Pemerintahan sekaligus Guru Besar perempuan pertama di UMY. Keduanya resmi menyandang gelar ini sejak 1 Oktober lalu dengan mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 71068/MPK.A/KP.05.01/2021 dan Nomor 70168/MPK.A/KP.05.01/2021 yang diberikan secara langsung pada Sabtu (13/11) di Gedung Ar Fachruddin A, Lt. 1, UMY.

Kepala Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., yang turut hadir dalam seremoni tersebut mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih oleh kedua guru besar ini merupakan kado dari UMY untuk Muhammadiyah yang akan melaksanakan milad pada 18 November 2021 mendatang sekaligus menjadi bukti bahwa UMY semakin siap go international. “Hal ini juga merupakan momentum besar bagi persyarikatan untuk ikut serta mengembangkan pengetahuan dengan memperbanyak riset dan inovasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., memberikan apresiasi besar kepada kedua guru besar tersebut atas perjuangannya dalam melakukan riset. Menurutnya, hal ini harus menjadi motivasi bagi para dosen lain untuk terus berkarya dan berkembang.

Sementara itu, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti (LLDIKTI) Wilayah V, juga turut hadir dan memberikan arahan mengenai karir dosen. Ia juga mengungkapkan bahwa LLDIKTI selalu memiliki harapan agar kader-kader Muhammadiyah dalam bidang riset dan inovasi akan terus bermunculan.