LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 101 kali
UMY Lahirkan Guru Besar Termuda Bidang Ilmu Pemerintahan
09 Okt
2021
Sabtu,09 Oktober 2021

Sesuai dengan targetnya untuk menjadi Research Excellent University, di bulan kesepuluh tahun 2021 ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melahirkan seorang Guru Besar. Kali ini gelar tersebut diraih oleh Prof. H. Eko Priyo Purnomo, S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D., pada bidang Ilmu Pemerintahan. Bahkan, beliau menjadi Guru Besar termuda pada bidang tersebut. Naiknya jabatan fungsional dosen Ilmu Pemerintahan ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 65203/MPK.A/KP.05.01/2021 yang diserahkan secara langsung oleh Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti)   Wilayah V pada Sabtu (09/10) di Gedung AR. Fachruddin A, Lt.1, UMY.

Dalam sambutannya, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., Plt Kepala LLDikti Wilayah V berharap bahwa dengan lahirnya Guru Besar termuda ini akan menjadi motivasi bagi lahirnya tokoh-tokoh muda Muhammadiyah lainnya. Beliau juga berpesan kepada Prof. H. Eko Priyo Purnomo untuk tidak berhenti berkarya, terutama dalam bidang akademik.

Dr. Sukirman, Bendahara Badan Pembina Harian (BPH) UMY menjelaskan bahwa dengan menjadi Guru Besar, akan memiliki sebuah tantangan tersendiri. “Di satu sisi, pada hari ini Prof. Eko sudah berhasil menjadi seorang Guru Besar. Namun di sisi lain, hal ini menjadi sebuah tantangan untuk membimbing saudara-saudaranya yang lain,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., Rektor UMY, mengungkapkan bahwa jabatan yang diraih oleh Prof. Eko Priyo Purnomo ini bukanlah semata untuk kepentingan pribadi. “Menjadi seorang Guru Besar adalah sebuah amanah untuk membimbing saudara-saudara yang lain untuk ikut menjadi Guru Besar, bukan malah menjadi penghambat. Potensi yang dimiliki oleh dosen-dosen di UMY sangat luar biasa. Jika didorong dan terus didukung, maka saya yakin bahwa ke depannya akan menapaki tangga yang lebih dari saat ini,” pesannya. Ia juga memberikan ucapan selamat sebagai apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Prof. Eko Priyo Purnomo selama ini.