LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 367 kali
Universitas Ahmad Dahlan menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan Program Studi Teknik Kimia Program Magister di DIY
21 Apr
2021
Rabu,21 April 2021

Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan - Suasana yang penuh semangat dan antusias terlihat di kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari ini (21/04) menyambut Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari., S.E., M.Kom., Akt didampingi oleh Sekretaris Lembaga Bapak Bhimo Widyo Andoko., S.H., M.H, Kepala Bagian TU LLDikti Wilayah V, Koordinator Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah V, dan Penyelia Fasilitasi Peningkatan Mutu Eksternal LLDikti Wilayah V yang hadir untuk menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Kimia Program Magister.

“Berangkat dari spirit masih kurangnyaProdi S2 Teknik Kimia di Indonesia, khususnya di DIY, maka kami mengajukan ijin pembukaan Prodi S2 Teknik Kimia, dan alhamdulillah hari ini kami akan menerima SK tersebut” tutur Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutannya, disusul tepuk tangan dari hadirin yang sebagian besar didominasi dosen dan civitas akademika Universtas Ahmad Dahlan.

Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. Muchlas, M.T. juga menambahkan bahwa salah satu tujuan pembukaan prodi ini adalah untuk menghasilkan tenaga magister yang memiliki cukup kompetensi untuk membawa industri, khususnya yang terkait dengan energi, pangan, dan lingkungan bisa untuk lebih maju lagi.“Kedepannya diharapkan prodi ini dapat menjadi center of excelence khususnya dalam bidang pengembangan energi, pengolahan pangan dan lingkungan” kata Dr. Muchlas, M.T. dalam penutupan sambutannya.

Sesi selanjutnya adalah Pembacaan Salinan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Kimia Program Magister oleh Koordinator Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom diikuti dengan penyerahan Salinan Keputusan tersebut secara langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari., S.E., M.Kom., Akt kepada Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. Muchlas, M.T. dan penandatanganan berita acara serah terima.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari., S.E., M.Kom., Akt menjelaskan dalam sambutannya bahwa saat ini terdapat 17 Prodi Teknik Kimia Program Magister diseluruh indonesia dan hanya ada 1 di DIY yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1993 sehingga Universitas Ahmad Dahlan praktis menjadi perguruan tinggi swasta pertama dan satu satunya yang menyelenggarakan Program Studi Teknik Kimia Program Magister di Yogyakarta saat ini.

“Semoga dengan adanya prodi baru ini Universitas Ahmad Dahlan dapat berkontribusi dalam menghasilkan ahli ahli kimia yang menunjang kemandirian bangsa” pungkas Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari., S.E., M.Kom., Akt mengakhiri sambutannya.