Kinerja dan Performa Organisasi

 

Dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi, kerjasama antaranggota organisasi menjadi salah satu faktor kunci yang tidak boleh diabaikan. Hal ini diungkapkan oleh Cahya Purnama Asri, dosen Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM) pada Rabu (24/5). Kerjasama organisasi sangat penting karena memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kinerja suatu organisasi.

Lebih lanjut, Cahya menyampaikan bahwa pentingnya kerjasama organisasi sebagai strategi untuk mencapai tujuan bersama. “Kerjasama yang baik antaranggota organisasi dapat memberikan sejumlah manfaat, antara lain sinergi, peningkatan efektivitas, serta motivasi dan keterlibatan” tambahnya.

Melalui kerjasama, anggota organisasi dapat menggabungkan sumber daya, pengetahuan, dan keahlian masing-masing untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada jika bekerja sendiri. Sinergi yang dihasilkan dari kolaborasi ini mampu menghasilkan inovasi, efisiensi, dan produktivitas yang lebih tinggi.

“Kerjasama yang baik mendorong terjadinya aliran informasi dan komunikasi yang lancar antaranggota organisasi. Hal ini memungkinkan tim untuk berbagi pengetahuan, menghindari duplikasi pekerjaan, dan membuat keputusan yang lebih baik secara kolektif. Dengan demikian, efektivitas organisasi dapat meningkat secara keseluruhan,” ujar Kepala Biro (Kabiro) Akademik UWM ini.

Cahya juga menyoroti pentingnya membangun budaya kerjasama yang inklusif di dalam organisasi. Menurutnya, pemimpin organisasi perlu menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi, saling percaya, dan penghargaan terhadap kontribusi setiap individu. Dalam konteks ini, kerjasama bukan hanya tentang membagi tugas dan tanggung jawab, tetapi juga menciptakan iklim kerja yang mendorong kolaborasi dan inovasi.

Kerjasama organisasi bukanlah sesuatu yang terjadi dengan sendirinya, tetapi perlu dibangun secara aktif dan dipelihara oleh setiap anggota organisasi. “Dengan adanya kerjasama yang baik, diharapkan kinerja organisasi dapat meningkat dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

 

Humas@UWM


BAGIKAN