Mahasiswa KKN UAD Ramaikan Pentas Seni 'Sekar Rinonce' di Teras Malioboro

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit II.C.3 pada Selasa (15-11-2022) ikut serta dalam penyelenggaraan pentas seni “Sekar Rinonce”. Acara itu diadakan di Teras Malioboro.

Selama ini, Indonesia mempunyai seniman sebagai penyalur agar terus berlangsungnya kegiatan kesenian yang ada, sehingga keberagaman suku bangsa tetap terlestarikan. Acara Sekar Rinonce merupakan salah satu media bagi seniman-seniman di Kota Yogyakarta untuk menyalurkan kreativitas mereka pada titik-titik tertentu yang sudah disiapkan di sepanjang jalan Malioboro. Selain untuk memberi ruang kepada para seniman berkreasi, acara tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan memori kolektif dan romantisme sejarah di kawasan Malioboro dari waktu ke waktu.

Dalam bentuk dukungan terhadap para seniman di Yogyakarta, keluarga besar Sanggar Seni “Sekar Melati” yang berada di RW 03 Ngampilan dan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit II.C.3 ikut serta dalam acara Sekar Rinonce. Mereka menampilkan pentas seni kontemporer, yakni pertunjukan angklung dengan membawakan 7 lagu yang salah satunya “Rayuan Pulau Kelapa”.

Seniman-seniman yang turut memeriahkan acara ini berasal dari komunitas pengamen jalanan Malioboro, Paksi Band, kelompok RT-RW, hingga Jikustik. Acara rutin diselenggarakan setiap Selasa dan Sabtu di sepanjang jalan Malioboro.

Anggih Pranyoto selaku ketua KKN menyampaikan bahwa keikutsertaan mereka merupakan wujud menghargai seniman yang ada di Yogyakarta melalui penampilan angklung yang dibawakan bersama Sanggar Seni “Sekar Melati”.

“Kami mendukung, meramaikan, dan menampilkan pentas seni dengan antusias!” ungkapnya. (wid)

uad.ac.id


BAGIKAN