Implementasi Kerjasama UPY dengan ACAPHEI dalam Kegiatan Global Class

Universitas PGRI Yogyakarta bergabung dalam program Global Class untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa dalam meningkatkan wawasan dan pengalaman civitas akadek melalui kuliah internasional. Pada kesempatan ini UPY bekerjasama dengan ASEAN-China Private Higher Education Development and Cooperation (ACAPHEI) membentuk program Global Class dengan materi perkuliahan “Language Development”. ACAPHEI merupakan organisasi bentukan SEAMEO RIHED yang bertujuan mempromosikan pengembangan pendidikan di perguruan tinggi pada anggota-anggotanya.

Program ini merupakan program kolaboratif yang melibatkan 4 (empat) universitas dari 3 (tiga) negara yang berbeda, yakni Universitas PGRI Yogyakarta dari Indonesia, Duy Tan University dari Vietnam, serta Zhejiang Yuexiu University dan University of Sanya dari China. Kerangka pelaksanaan program ini, setiap universitas diberikan 4 (empat) kali kesempatan untuk mengajar dan berinteraksi dengan mahasiswa dari universitas mitra. Setiap universitas mengirimkan antara 5 hingga 10 mahasiswa untuk mengikuti dalam program ini, sehingga terdapat 29 peserta yang bergabung dalam kelas internasional ini.

Universitas PGRI Yogyakarta mengirimkan 5 (lima) mahasiswa untuk mengikuti program ini. Mahasiswa UPY yang berpartisipasi dalam Global Class “Language Development” yaitu Desylva Rima Kumalasari (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Umi Safangati Hidayatun dan Pandu Firmansyah (Prodi Manajemen), Nugraeni Putrie Windarti (Prodi Akuntansi), serta Ari Fitri Utami (Magister Pendidikan Dasar). Kegiatan ini dilakukan full selama satu semester dengan model perkuliahan Online platform Microsoft Teams. Dosen-dosen yang memberikan kuliah pada program ini adalah Guruh Ghifar Zalzalah, S.E., M.Sc, dari program studi manajemen UPY, Ms. Phan Thi Nhu Uyen dari Universitas Duy Tan Vietnam serta 2 dosen dari Zhejiang Yuexiu University dan University of Sanya. Meskipun kelas dilaksanakan secara daring, mahasiswa tetap aktif berpartisipasi dalam pembelajaran online ini. Seluruh materi pembelajaran dalam kelas “Language Development” disampaikan dalam bahasa Inggris agar semua mahasiswa dapat memahami dengan baik.

Program ini akan berlangsung dari bulan Oktober 2023 hingga Februari 2024. Program Mobilitas Mahasiswa ACAPHEI 2023 diharapkan dapat secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan perspektif global mahasiswa dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan kelas internasional. Program ini diharapkan mampu memberikan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa peserta khususnya di UPY, membantu menjadi individu yang lebih terbuka, berpikir global, cakap dalam berkomunikasi secara internasional, dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.

sumber: https://upy.ac.id/berita/implementasi-kerjasama-upy-dengan-acaphei-dalam-kegiatan-global-class/


BAGIKAN