Kepala LPPM UWM: Menyusun Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan berorientasi pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan hasil kepakaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni oleh sivitas akademik, menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa. Hal ini disampaikan oleh Dr. Oktiva Anggaraini, S.I.P., M.Si. yang merupakan Ketua LPPM UWM acara webinar dengan tema "Mengenal Pendekatan Fenomenologi dan Menyusun Proposal Penelitiannya" pada Senin (4/9/2023) dalam platform daring Zoom. Acara ini dihadiri lebih dari 100 orang secara daring.

Lebih lanjut, Oktiva mengemukakan bahwa dalam merancang dan mengimplementasikan PKM, harus responsif terhadap kebutuhan masyarakat, baik individual dan/atau institusi dalam hal sains, teknologi dan seni. “Bekerjasama secara aktif dan berkelanjutan dengan para pemangku kepentingan dalam pemberdayaan masyarakat, yakni: pemerintah, kelompok usaha dan industri, organisasi masyarakat, perguruan tinggi lain, dan masyarakat di wilayah binaan,” kata dosen Program Studi (Prodi) Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) ini.

“Salah satu output PKM adalah terbentuknya masyarakat yang semakin berdaya di wilayah atau kawasan desa binaan, dimana indikasinya yaitu meningkatnya kualitas hidup,” kata Oktiva.

Narasumber berikutnya dalam acara ini adalah Dr. La Mani, S.I.P., M.Sc. yang merupakan Subject Content Coordinator Program Magister Ilmu Komunikasi Binus Jakarta. Ia menyampaikan bahwa fenomenologi mencoba menepis semua asumsi yang mengontaminasi pengalaman konkret manusia. “Itulah sebabnya fenomenologi disebut sebagai cara berfilsafat yang radikal,” tambahnya.

Para peserta webinar juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber dan berinteraksi dengan sesama peserta melalui sesi tanya jawab yang hidup. Antusiasme peserta sangat terlihat selama acara, dan pertukaran gagasan terjadi sepanjang sesi.

Webinar ini merupakan salah satu dari acara pelatihan yang diselenggarakan oleh LPPM UWM, yang berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penelitian khususnya tentang fenomenologi di kalangan akademisi, peneliti, dan profesional.

 

Humas@UWM


BAGIKAN