Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran yang krusial dalam ekonomi global, menyumbang pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Namun, tantangan yang dihadapi UMKM, terutama dalam bersaing dengan perusahaan besar, memerlukan pendekatan pemasaran yang efektif dan inovatif untuk mencapai kesuksesan. Hal ini disampaikan oleh Kristiana Sri Utami, S.E., M.M. yang merupakan Wakil Dekan (WD) I Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM) pada Senin (31/7) di Kampus Terpadu UWM, Banyuraden, Gamping, Sleman.
Lebih lanjut, Kristiana menambahkan bahwa UMKM harus melakukan penelitian pasar. “Penting bagi UMKM untuk melakukan penelitian pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen. Dengan memahami pasar target mereka, UMKM dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran,” tambahnya.
Hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh UMKM adalah pemasaran digital. Adopsi pemasaran digital akan membantu UMKM menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah. “Pemanfaatan media sosial, situs web, dan kampanye iklan online akan membantu meningkatkan visibilitas dan menciptakan interaksi lebih langsung dengan konsumen,” kata Dosen Program Studi (Prodi) Manajemen FE UWM ini.
Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, UMKM dapat membangun kesadaran merek yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan menjadi pelaku yang kompetitif dalam pasar yang semakin kompetitif. “Konsistensi, inovasi, dan fokus pada pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam upaya pemasaran bagi UMKM,” tutupnya.
Humas@UWM