LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 43 kali
Univerisitas Siber Muhammadiyah Muncul untuk Merespon Pergeseran Orientasi Pendidikan Generasi Baru
07 Okt
2021
Kamis,07 Oktober 2021

Penyerahan Salinan Keputusan Mendikbudristek Nomor 430/E/O/2021 tanggal 29 September 2021 tentang Izin Pendirian Universitas Siber Muhammadiyah di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 bertempat di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jl. Cik Di Tiro, No 23, Yogyakarta. Acara tersebut diikuti secara daring dan luring dan disiarkan langsung di Youtube Muhammadiyah Chanel dan juga dihadiri oleh para rekan wartawan.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nasir, M.Si, Perwakilan PP Muhammadiyah dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes dan Dr. Agung Danarto, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D, BPH Universitas Siber Muhammadiyah Prof. Dr. Chairil Anwar, M.Sc., Plt. Kepala LLDikti Wilayah V Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H

Universitas Siber Muhammadiyah menyelenggarakan Program Pendidikan Jarak Jauh yang diselenggarakan di Yogyakarta, Kabupaten Kuningan, dan Kota Kendari dengan 6 (enam) program studi yaitu Informatika program Sarjana, Sistem Informasi program Sarjana, Administrasi Kesehatan program Sarjana, Hukum program Sarjana, Manajemen program Sarjana, dan Akuntasi program Sarjana.

Tujuan dari perguruan tinggi ini adalah memperluas akses perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau. Universitas Siber Muhammadiyah diharapkan dapat mendorong perluasan akses pendidikan secara lebih masif dan tentunya memperkuat kampus kampus dari perguruan tinggi Muhammadiyah ‘aisyiyah (PTMA) lainnya. Peran dari sibermu juga menerapkan 3 peran yaitu kampus dengan pendidikan jarak jauh, sebagai aggregator dan fasilitator pertukaran pelajar dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Universitas Siber Muhammadiyah juga telah memberikan layanan Hosting Learning Management System bagi PTMA. Tetapi tidak menutup kemungkinan dimasa yang akan datang Universitas Siber Muhammadiyah akan berkolaborasi atau bekerjasama dengan perguruan tinggi non PTMA.

Sambutan pertama disampaikan oleh Tim Pengusul Universitas Siber Muhammadiyah, Bapak Dr. Bambang Riyanta, M.T. dalam paparannya disampaikan bahwa Universitas Siber Muhammadiyah ini digagas oleh pimpinan PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nasir, M.Si. untuk mengantisipasi pergeseran orientasi pendidikan generasi baru. Saat ini Universitas Siber Muhammadiyah telah melakukan peran sebagai aggregator dan telah bekerjasama dengan 5 PTMA dan telah memfasilitasi pertukaran 36 mata kuliah untuk lebih dari 800 mahasiswa.

Penyerahan Salinan SK Izin Pendirian Universitas Siber Muhammadiyah oleh Plt. Kepala LLDikti Wilayah V kepada Pimpinan PP Muhammdiyah dengan didampingi oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan  BPH Universitas Siber Muhammadiyah. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima.

Selanjutnya sambutan dari Plt. Kepala LLDikti Wilayah V, “selama masa pandemi covid ini gagasan dari ketua PP Muhammadiyah sangat visioner bahwa memang perguruan tinggi seperti ini sangat dibutuhkan dan ini menjadi tantangan dalam masa pandemi  dan juga merupakan inovasi di dalam perkembangan institusi yang sangat cepat”.

Plt. Kepala LLDikti Wilayah V juga sangat berharap dengan adanya Universitas Siber Muhammadiyah ini bisa menjangkau wilayah - wilayah 3 T dan menawarkan pendidikan yang lebih baik bagi wilayah 3T. LLDikti Wilayah V sangat mendukung Universitas Siber Muhammadiyah terutama untuk hal hal yang nantinya akan dikembangkan oleh Universitas Siber Muhammadiyah ke depan terutama sebagai aggregator.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah, beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Mendikbudristek dan khusus kepada LLDikti Wilayah V, selain telah mengeluarkan SK izin pendirian juga telah mendukung proses pengajuan pendirian Universitas Siber Muhammadiyah yang sudah berjalan sekitar 2 tahun.

“Insyaallah akan menyelenggarakan Universitas Siber Muhammadiyah ini dengan seksama dan dengan sistem yang baik dan akan menjadi universitas yang berkualitas. Ketua berpesan kelolahlah dengan cara yang sehebat hebatnya, sebaik baiknya dan modern selaras dengan tujuan muhmmadiyah untuk mewujudkan pranata pranata modern yang bermutu,  berkualitas dan berkemajuan. Dengan adanya sibermu ini bisa melakukan reorientasi terhadap yang selama ini ada di dunia akademik bahwa dunia digital, dunia online, sistem informasi yang bersifat terobosan di era Revolusi Industri 4.0 ini sudah merupakan realitas baru dan ini sekaligus juga menyertakan kita berpikir secara ontologis yang baru” tambah Ketua PP Muhammadiyah.

Selesai acara, LLDikti Wilayah V berkesempatan untuk mengunjungi kampus sibermu yang berada di Jalan Hos Cokroaminoto Wirobrajan Yogyakarta.